Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan yang Sering Muncul tentang SAPTO dan Akreditasi, serta Jawaban

 

No

Pertanyaan

Jawabannya

1

Kapan SAPTO mulai diterapkan?

Perguruan Tinggi sudah dapat mengajukan usulan akreditasi melalui SAPTO sejak tanggal 10 April 2017 untuk akreditasi program studi (APS). Sedangkan untuk akreditasi perguruan tinggi (APT) mulai tanggal 1 Juni 2017.

2

Apakah akreditasi melalui SAPTO menggunakan instrument baru?

Sekarang ini akreditasi melalui SAPTO masih menggunakan instrument lama, yaitu instrument tahun 2008.

3

Bagaimana mendapatkan akun untuk akses ke SAPTO

Pimpinan PT mengajukan surat resmi yang mengusulkan nama penanggung-jawab dan alamat email resmi yang akan digunakan, ditujukan kepada Direktur DE BANPT.

4

Bagaimana mengaktifkan akun SAPTO untuk perguruan tinggi?

Setelah pimpinan PT mengirimkan surat (seperti no.3 diatas), untuk mengaktifkan akun SAPTO lakukan langkah langkah berikut:

Kunjungi https://sapto.banpt.or.id/

tekan tombol “Lupa/reset password?”. Setelah itu akan muncul instruksi untuk memasukkan e-mail yang sudah didaftarkan tsb. kedalam kotak yang tersedia

klik kotak hijau bertuliskan “kirimkan instruksi penggantian password”, kemudian SAPTO akan mengirimkan pesan ke alamat email yang anda ketikkan tadi secara otomatis

buka email sesuai alamat email yang telah terdaftar tadi, ikuti instruksinya.

Klik tulisan berwarna biru, https://sapto ….dst, yaitu untuk membuat password, kemudian ketik ulang password yang sama pada baris berikutnya utk konfirmasi.

Setelah itu klik kotak hijau bertuliskan “Simpan Pasword Baru”. Kemudian anda otomatis langsung masuk ke laman SAPTO sebagai pengguna perguruan tinggi.

Selanjutnya pihak PT dapat menggunakan akun tersebut untuk keperluan pengusulan akreditasi program studi dan perguruan tinggi serta memantau prosesnya.

Petunjuk penggunaan SAPTO dapat diunduh pada halaman muka SAPTO.

5

Apakah usulan akreditsi yang telah disampaikan ke BANPT sebelum 1 April 2017 dapat dipindahkan melalui SAPTO?

Usulan akreditsi yang telah disampaikan ke BANPT antara tgl 29-31 Maret 2017 dapat memindahkan usulannya melalui SAPTO. Usulan disampaikan kepada Direktur DE dan dilampirkan bukti tanda terima pemasukan usulan.

6

Mengapa login ke SAPTO tidak berhasil, walaupun sudah mengikuti langkah yang diberikan, yaitu melalui Lupa/Reset password

Ada 2 kemungkinan, yang pertama alamat email yang digunakan belum terdaftar dalam list pengguna SAPTO. Kemungkinan kedua ada salah pengetikan alamat email. Solusi untuk yang pertama, segera kirimkan surat resmi dari pimpinan PT ttg alamat email resmi dan penanggungjawab SAPTO di PT ke Dir DE BANPT. Solusi dari kemungkinan kedua silahkan kirimkan kembali alamat email yang benar dan nama penanggungjawab via wa/sms kepada Fauzri 0816878555.

7

Mengapa akun untuk PT hanya 1, bagaimana bila PT besar dengan jumlah PS yang sangat banyak?

Seluruh usulan akreditasi harus melalui PT, sehingga apabila setiap PS memiliki akun sendiri akan sulit dikontrol.

Selanjutnya penanggungjawab SAPTO di PT dapat mengatur penggunaan akun tsb untuk keperluan pengajuan usulan akreditasi. Apakah terpusat di satu tempat atau dipinjamkan ke PS yang sedang dalam proses pengusulan akreditasi.

8

Buku 3-A dan 3-B berisikan tabel-tabel, dengan adanya tabel-tabel template excel yang harus diisi dan dikirim melalui SAPTO, apakah kami harus mengisi tabel-tabel tersebut seperti sebelumnya (hard-copy)?

Sesungguhnya tabel-tabel yang akan dihitung SAPTO hanya tabel-tabel yang ada dalam excel aktif yang telah diisi sesuai template. Namun, tabel-tabel dalam buku 3-A dan 3-B yang di-save dalam bentuk PDF tetap diperlukan asesor ketika melihat hubungan antara descriptor dengan tabel-tabel tersebut.

9

Sehubungan akan dimulainya pengusulan akreditasi melalui SAPTO apakah pelatihan SAPTO dapat dilakukan di fakultas kami (in-house training)? Jika dapat, maka berapa besar biaya pelatihan tersebut?

Sekarang ini sedang berjalan pelatihan penggunaan SAPTO bagi pengguna PT di seluruh tanah air. Pelatihan dilakukan untuk grup sekitar 50 sampai 100 orang peserta untuk setiap batch, bekerja sama dengan seluruh Kopertis, organisasi penyelenggara perguruan tinggi dilingkungan Kemenag, Kedinasan, dll.

Saran kami, bergabung saja dengan grup yang sesuai dengan PT anda, atau mengajukan surat kepada Direktur Dewan Eksekutif BANPT. Mengenai biaya untuk kegiatan ditanggung oleh pengusul, sedangkan biaya untuk Trainer akan dijelaskan dalam surat jawaban dari BANPT.

10

Berapa besar kapasitas setiap file yang dibolehkan untuk dikirim melalui SAPTO?

Setiap file bisa sampai 25 MB dalam bentuk PDF yang di-save dari word-file (bukan hasil scanning). Dianjurkan lebih kecil dari itu.

11

Apakah asesor boleh mengubah elemen nilai kuantitatif yang berdampak pada nilai akhir di setiap nomor, dengan referensi atau berdasarkan borang?

Pada saat AK asesor tidak diperbolehkan mengubah data. Pada lembar penilaian, asesor dapat memberi komentar sekaitan dengan data tersebut. Data bisa direvisi oleh pengusul pada saat AL setelah diverifikasi oleh asesor.

12

Bolehkah pengusul atau asesor menimpa langsung pada cell yang berisi formula dengan nilai tertentu dalam work-sheet Excel data kuantitatif borang?

Tidak diperbolehkan menimpa cell yang berisi formula langsung dengan nilai tertentu pada suatu cell dalam work-sheet Excel data kuantitatif borang, karena walaupun misalnya nilai elemennya “0”, namun totalnya tidak menjadi “0” sehingga nilai akhir bukan “0”.

13

Bolehkah pengusul mengubah excel borang?

Tidak diperbolehkan, pengusul tidak boleh mengubah struktur excel borang mulai dari posisi sheet, posisi table, dan kolom tabel. Untuk pengisian yang bersifat angka, pengusul hanya boleh mengisi nilai sesuai dengan petunjuk tanpa menambahkan satuan, seperti cm, rp, dll. Untuk isian yang sifatnya menambahkan baris data, silahkan menambahkan baris isian lengkap mulai dari kolom pertama dan seterusnya tanpa ada pembuatan "merge" untuk data yang sama pada baris yang berdekatan".